Wisata Bawah Laut Di Indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali objek wisata bawah laut dengan keindahan terumbu karang dan keanekaragaman biota lautnya. Tak aneh bila negeri kita tercinta ini kaya akan wisata bawah lautnya karena memang Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki ribuan pulau dan juga Indonesia adalah negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia.

Wisata bawah laut memang memberikan sensasi yang luar biasa dan lain dari yang lain, karena di bawah laut  itu kita bisa melihat keindahan terumbu karangnya dan berinteraksi langsung dengan spesies-spesies yang ada disana. Berikut objek-objek wisata bawah laut yang ada di Indonesia :

Kepulauan Raja Ampat
Kepulauan Raja Ampat terletak di Propinsi Papua Barat. Keindahan bawah laut Raja Ampat ini sudah terkenal sampai keluar negeri. Bagi pecinta diving pasti mengenal kepulauan ini. Perjalanan ke Kepulauan Raja Ampat dari Jakarta memerlukan waktu 6 jam bila naik pesawat komersil. Disini sobat bisa menjumpai beberapa spesies endemik Raja Ampat yang tidak bisa sobat jumpai ditempat lain.

2. Wakatobi

Diving di Wakatobi
Nama Wakatobi merupakan gabungan dari 4 pulau terbesar di kawasan ini yaitu Pulau Wangi-Wangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Keindahan bawah laut di kawasan ini sudah diakui oleh dunia dan dijadikan Taman Nasional oleh pemerintah Indonesia. Wakatobi terletak di Propinsi Sulawesi Tenggara. Dulunya Wakatobi bernama Kepulauan Tukang Besi.

3. Taman Nasional Bunaken

Laut Bunaken
Siapa yang tidak kenal dengan Bunaken. Objek wisata di Sulawesi Utara ini memang sangat terkenal dengan keindahan bawah lautnya sehingga perlu dijaga kelestariannya. Bunaken terletak 75 mil laut dari pantai Manado. Taman Nasional ini juga merupakan situs warisan dunia yang terdaftar di UNESCO. Jangan lupa membawa kamera anti air laut untuk mengabadikan aktivitas sobat di bawah laut Bunaken.

4. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu terletak 45 km utara kota Jakarta. Kepulauan Seribu merupakan gugusan pulau karang yang pulau-pulaunya memiliki ketinggian kurang dari 3 meter dpl. Disamping keindahan bawah lautnya, di kepulauan Seribu terkenal dengan tempat penangkaran penyu. Penangkaran penyu di kepulauan Seribu terletak di Pulau Pramuka.

5. Nusa Penida Dan Nusa Lembongan


Peta Pulau Nusa Penida dan Pulau Lembongan
Nusa Penida dan Nusa Lembongan adalah dua pulau yang terletak di sebelah tenggara pulau Bali. Dua Pulau ini terkenal akan spot diving-nya. Bila sobat berkunjung ke Bali, jangan lupa mampir ke pulau ini lewat pantai Sanur dengan menaiki perahu motor yang bisa ditempuh dalam waktu 2 jam. Di pulau ini juga banyak berdiri hotel berbintang dan bungalow-bungalow kelas atas.

6. Tulamben


Kapal Karam Di Tulamben
Tulamben terletak 82 km dari kota Denpasar, Bali. Tulamben memiliki keindahan bawah laut yang sangat bagus. Keunikan lain di kawasan ini adalah terdapat kapal milik Amerika Serikat yang karam pada perang dunia kedua dan sekarang menjadi hunian ratusan spesies ikan di laut Tulamben.

Sebenarnya masih banyak lagi wisata bawah laut yang ada di Indonesia. Tugas kita adalah menjaga dan melestarikannya.

3 Komentar untuk "Wisata Bawah Laut Di Indonesia"

info nya sangat lengkap banget saya seneng karna informasi yang di berikan sama anda,, dengan pengalaman anda tentang wisata bawa laut di indonesia moga indonesia lebih di kenal di mancanegara selain bali.

weiiiss....memang indah dan mengagumkan dan ada juga kapal peninggalan perang dunia ke dua lagi ni ....pengen juga ni kesitu.....?

Wisata bawah laut di indonesia tidak kalah menarik dengan wisata - wisata yang ada di luar negeri. Pesona bawah laut indonesia termasuk kepulauan seribu memang sangat indah. Dengan adanya postingan ini maka akan sedikit membantu kita dalam menemukan berbagai wisata bawah laut di indonesia. Terima kasih admin.

Back To Top