Cara Mudah Cek NISN SD SMP SMA Terbaru

4:12 PM
Cara Cek NISN SD SMP SMA. Untuk mengetahui ataupun mencari NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) di internet sangatlah mudah. Dengan memanfaatkan teknologi saat ini, semua permasalahan dapat dengan mudah diselesaikan begitu pula seperti cara cek NISN melalui internet ini.

Sebelum menuju pokok bahasan "cara cek nisn" alangkah baiknya kamu mengenal terlebih dahulu perbedaan antara NIS dengan NISN. NIS atau Nomor Induk Siswa adalah nomor unik yang dikeluarkan oleh masing-masing sekolah berdasarkan buku induk sekolah tersebut. Sehingga NIS setiap siswa dari SD hingga SMS selalu berbeda. Lalu apa itu NISN?

Apa itu NISN?

NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional adalah nomor kode pengenal siswa yang bersifat unik yang bisa membedakan antara satu siswa dengan siswa lainnya. Berbeda dengan NIS, NISN ini bersifat tetap, maksudnya nomor kode tersebut tidak berubah mulai jenjang pendidikan SD hingga SMA. 

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) terdiri dari 10 digit angka unik. Angka unik tersebut selalu diawali dengan tiga digit angka yang merupakan tahun kelahiran siswa yang bersangkutan. Misal nomor induk siswa nasional tersebut 0064466849, nah 3 digit pertama yang saya garis bawahi adalah tanda bahwa siswa tersebut lahir pada tahun 2006. Lalu apa saja kegunaan dari NISN?

Apa tujuan dan manfaat NISN?

Pemerintah melalui departemen pendidikan nasional pasti memiliki alasan mengapa diciptakan NISN ini. Dan pastinya akan mempermudah kita sebagai siswa maupun pemerintah sendiri dalam mengidentifikasi setiap siswa di seluruh Indonesia. Berikut tujuan dan manfaat NISN :
1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit Kerja di Depdiknas, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa.
Nah setelah kita tahu apa itu NISN beserta tujuan dan manfaatnya, kita kembali ke pokok bahasan yaitu cara mudah cek NISN melalui internet :  

1. Pertama-tama login disini

2. Setelah masuk di halaman seperti di bawah ini, isi data-data dengan lengkap lalu klik tombol "cari". Ada dua pilihan disini yaitu "pencarian berdasarkan NISN" dan "pencarian berdasarkan nama".

cara cek nisn terbaru
Berdasarkan nisn
cara mengetahui nisn lewat internet
Berdasarkan nama
3. Bila setelah memasukkan NISN, data-data siswa tidak ditemukan, harap menghubungi nomor telepon (021) 57905777 atau (021) 57904804, seperti gambar di bawah ini.

cara mencari nisn siswa melalui internet
Kosong
4. Bila NISN kamu tidak ditemukan dan muncul keterangan "no records to display" seperti gambar di bawah, minta bantuan sekolah untuk mengeceknya. Dan apabila belum ada NISN-nya, maka pihak sekolah akan segera memprosesnya dengan NISN baru.

cara cek nisn siswa
Tidak ditemukan
Demikian artikel tentang cara mudah cek NISN terbaru, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

1 comment